Spanyol Ambil Tindakan Terhadap Perlemen Catalonia

Spanyol Ambil Tindakan Terhadap Perlemen Catalonia

Spanyol Ambil Tindakan Terhadap Perlemen Catalonia. Pemerintah Spanyol secapat mungkin membubarkan Parlemen Catalonia. Diektahui lembaga legislatif Catalonia menyatakan kemerdekaannya.Masyarakat pun turun ke jalan merayakan kemerdekaan dari Spanyol.Parlemen Cataloni juga menyampaikan kecaman bahwa ketegangan bisa tumpah ke jalanan.

Pernyataan kemerdekaan dinyatakan oleh Parlemen Catalonia setelah melakukan pemungutan suara di masyarakat yang mendukung kemerdekaan dengan perolehan suara 70 banding 10.

Hasil pemungutan suara disambut gembira dalam parlemen, dilanjutkan dengan spontan menyanyi lagu “El Segadors” yang merupakan lagu kebangsaan Catalonia.

Parlemen pun menyampaikan kawasan tersebut untuk memulai proses  secara formal dengan memisahkan  diri dari Spanyol dan menyatakan diri sebagai republik.

Berselang beberapa menit setelah para anggota dewan di Barcelona menyatakan kemerdekaan dengan menyebut “Republik Catalonia sebagai negara merdeka dan berdaulat,”  senat Spanyol memberikan wewenang luar biasa untuk kepada Rajoy untuk mengambil kendali atas Catalonia.

Pemerintah Spanyol menganggap pemungutan suara itu ilegal dan beberapa pemimpin dunia telah menyatakan suara dukungan kepada Spanyol untuk menghentikan aksi.

Perdana Menteri Spanyol Mariano Rajoy pun menyampaikan. Madrid juga akan memecat kepala polisi di wilayah tersebut, Hal Tersebut di karenakan Catalonia menjadwalkan pemilu pada 21 Desember.

Dalam pidato 45 menit, Rajoy meminta wewenang dari senat Madrid untuk menurunkan Carles Puigdemont dari jabatannya sebagai pemimpin Catalonia. Langkah itu dimungkinkan dalam Pasal 155 yang tercantum,

Anggota dewan Spanyol pun Menggelar Rapat Tertutup bukan hanya Spanyol saja, Catalonia  menggelar rapat untuk menentukan langkah selanjutnya terkait dengan dorongan kawasan untuk merdeka.

Pemerintah  Spanyol memberikan wewenang darurat kepada wilayah Madrid untuk memecat kepemimpinan Catalonia dan mengendalikan suasana di sana

Spanyol juga akan mengambil langkah tegas dengan memandang Catalonia beserta para Pendukungnya  sebagai kelompok separatis. Yang nantinya mungkin akan menyebabkan berbagai macam peristiwa persekusi politik, embargo ekonomi, dan gejolak konflik lain.

Pendukung kemerdekaan berkerumun di jalanan untuk merayakan hasil pemungutan suara. namun  Madrid Dengan Sigap pembubaran Parlemen Calalonia,

Para Pendukung kemerdekaan berjanji akan melakukan unjuk rasa secara besar besaran demi kemerdekaan Catalonia

detiktribun

error: Content is protected !!