Strategi Cloudera Lahirkan Ahli Analis Big Data dan Inilah Pengaruh dari Big Data untuk 2017

Be Sociable, Share!

Strategi Cloudera Lahirkan Ahli Analis Big Data dan Inilah  Pengaruh dari Big Data untuk 2017

Big Analytics Skills Enablement ( BASE )

Kekurangan tenaga profesional dalam bidang analis data mendorong Cloudera memprakarsai sebuah inisiatif bernama.BASE yang merupakan kependekan dari Big Analytics Skills Enablement. Inisiatif ini hadir untuk mendorong pertumbuhan ahli analis dalam big data yangt terbilang merupakan ilmu baru. Senior Director of Marketing Clouder APAC Daniel CF Ng mengatakan, program ini memiliki tujuh komponen utama. Pertama, perusahaan telah menyiapkan program bernama Cloudera Academic Partnership (CAP) yang menjadi basis program pembelajaran ini.

Namun universitas yang menjadi target dalam program ini merupakan insitusi non-profit. Alasannya, agar tak ada konflik dengan rekanan Cloudera lain, sehingga fungsi CAP ini dapat benar-benar dimanfaatkan untuk kebutuhan akademis. Komponen kedua adalah magang (internship). Perusahaan yang didirikan pada 2008 itu akan membantu sejumlah pelajar yang ingin mengetahui praktik analis data secara langsung dari pengetahuan yang didapat selama pembelajan.

Setahun terakhir, teknologi big data terus berkembang dan semakin siap digunakan kalangan pebisnis. Variasi penggunaan teknologi tersebut mencakup back-up, pemulihan, serta performa. Big data memungkinkan pengguna tak sekadar menganalisa alasan terjadinya sesuatu, tapi juga proaktif meningkatkan hasil bisnis dan mengambil keputusan secara real-time. Sejumlah pakar pun turut mempelajari dan memprediksi pertumbuhan big data dan pasar analitik di seluruh dunia. Salah satu yang menjadi perhatian adalah industri yang kaya data seperti perusahaan jasa keuangan. Tak hanya itu, pemerintah maupun peneliti medis, termasuk perusahaan pertanian juga memafaatkan teknologi ini untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
Revolusi big data sendiri saat ini disebut telah berada pada tahap yang lebih besar dibandingkan revolusi industri di masa lalu. Lantas, seperti apa pengaruh big data pada tahun ini, baik bisnis maupun perseorangan? Menurut Daniel Ng, Senior Director APAC, Cloudera dalam keterangan resmi yang diterima Tekno Liputan6.com, Kamis (19/1/2017), menyebut ekosistem data akan dimulai tahun ini. Pergeseran pasar dan pesatnya perubahan teknologi dalam mentransformasi bisnis.

Be Sociable, Share!
error: Content is protected !!