Tips Menjaga Stamina Selama Berpuasa

Be Sociable, Share!

Sebentar lagi, masa puasa bagi umat muslim akan dimulai. Memanfaatkan makanan dan minuman sehat selama berpuasa merupakan salah satu cara yang tepat untuk melewati puasa dengan lebih baik. Mungkin bagi sebagian orang, menahan diri untuk mengkonsumsi makanan yang kurang baik selama berpuasa akan cukup sulit. Namun bila anda ingin menjaga stamina sebaik – baiknya selama berpuasa agar kuat menjalankan ibadah selama sebulan penuh, maka ada beberapa kebiasaan dan makanan yang wajib anda hindari sebisa mungkin.

Ada beberapa jenis makanan dan minuman yang tidak dianjurkan dikonsumsi bagi anda yang ingin melakukan ibadah puasa, terutama untuk saat sahur. Setelah sahur tubuh akan berhenti menerima asupan makanan dan minuman selama 12 jam. Karena hal inilah apa yang anda makan dan minum pada saat sahur nanti, akan memiliki pengaruh selama anda menjalankan puasa.

Berikut adalah beberapa hal yang harus anda hindari saat akan berpuasa.

Kopi

Kopi memang umum kita konsumsi untuk mengawali hari. Namun saat sahur selama bulan Ramadhan nanti, anda disarankan untuk menghindari kopi. Ada baiknya anda menggantinya dengan minuman yang lebih sehat seperti jus buah dan sayur. Jus ini sangat berguna untuk menjaga stamina selama bulan puasa karena kaya akan vitamin. Selain itu, dengan mengkonsumsi jus buah atau sayur maka anda akan merasa kenyang lebih lama.

Gula

Gula memang banyak kita gunakan dalam berbagai jenis makanan dan minuman. Namun ada baiknya kita mengurangi konsumsi gula pada saat sahur selama bulan Ramadhan. Hal ini dikarenakan oleh kandungan fruktosa yang sangat tinggi dan justru akan membuat tubuh mengalami ketergantungan pada gula. Untuk memenuhi asupan gula, sebagai alternatif anda bisa mengkonsumsi kurma. Buah kurma adalah sumber gula alami yang baik dan mudah dicerna oleh tubuh.

Rokok

Selama berpuasa nanti, ada baiknya anda mulai mengurangi konsumsi rokok. Hal ini tentu saja sangat sulit dilakukan bagi mereka yang sudah ketergantungan dengan rokok sejak lama.  Namun dengan memanfaatkan momen puasa ini, ada baiknya  digunakan untuk membuat Anda terlepas dari belenggu rokok yang justru memiliki banyak dampak negatif bagi tubuh.

Ketiga hal ini sebaiknya anda perhatikan saat puasa agar stamina anda tetap terjaga selama berpuasa. Menerapkan pola hidup sehat saat berpuasa merupakan cara terbaik untuk menjalankan ibadah puasa agar lebih bermanfaat bagi kesehatan tubuh.
Be Sociable, Share!
error: Content is protected !!