Uni Eropa Tidak Akan Mencampuri Isu Referendum Catalonia

Be Sociable, Share!
Uni Eropa Tidak Akan Mencampuri Isu Referendum Catalonia

Uni Eropa Tidak Akan Mencampuri Isu Referendum Catalonia. Presiden Dewan Uni Eropa Donald Tusk mejelaskan bahwa isu referendum kemerdekaan Catalonia tidak masuk dalam agenda organisasinya. Pernyataan tersbut di sampaikan pada saat Konferensi Tingkat Tinggi Un Eropa di Brussels, Belgia, pada hariKamis 19 Oktober 2017waktu setempat

Organisasi Uni Eropa adalah lembaga politik tertinggi di dalam organisasi multilateral di Benua Biru. Lembaga itu terdiri dari seluruh kepala negara anggota Uni Eropa ditambah Presiden Komisi Eropa.

Beberapa kepala negara dari anggota Uni Eropa yang mengikuti acara  di Brussels turut menyampaikan opini masing-masing atas persoalan yang terjadi di Catalonia.

Kanselir Jerman Angela Merkel mengatakan, pemerintah jerman  akan mendukung Madrid dan mengimbau agar polemik yang terhadi  di negara Matador tersebut dapat diselesaikan berdasarkan ketentuan yang berlaku di Spanyol.

“Kami mendukung pemerintahan Spanyol. Dan kami berharap akan ada penyelesaian yang berlandaskan pada Konstitusi Spanyol,” jelas Merkel.

Bukan hanya itu Perdana Menteri Belanda, Mark Rutte menjelaskan, Polemik yang terhadu di negara negara tersebut merupakan urusan internal Spanyol,  Yang kami harapkan hanya agar penyelesaian sepenuhnya diserahkan kepada Madrid sendiri.

Presiden Prancis Emmanuel Macron pun menuai pernyataan mengenai hal tersebut, Emmanuel mengatakan, Dewan Uni Eropa telah menyampaikan pesan persatuan untuk negara spanyol dan juga untuk Uni Eropa di tengah krisis dunia.

Kami semua punya perasaan mengenai permasalahn yang terjadi di Spanyol dengan penilaian masing-masing mengenai negara. Namun, secara formal, tidak ada ruang bagi lembaga Uni Eropa untuk melakukan intervensi. Negara anggota menyimpulkan  denganjelas menyatakan, tidak akan ada langkah mediasi,”

Namun Tusk menegaskan bahwa Uni Eropa tidak akan melakukan intervensi dan segala bentuk terhadap polemik politik yang berada di spanyol. Diketahui permasalahan tersebut dipicu oleh perpecahan dari Catalonia untuk memisahkan diri.

Perdana Menteri Spanyol, Mariano Rajoy Merupakan kepala negara yang hadir dalam acara  KTT UE di Brussels. Namun. Belum ada keterangan pers yang disampaikan sang Perdana Menteri tersebut. Mengenai pertemuannya di Brussels terkait situasi yang terjadi di negaranya.

detiktribun

 

Be Sociable, Share!
error: Content is protected !!