Waspada Berita Hoax Di Media Sosial

Be Sociable, Share!

Saat ini banyak sekali isu – isu serta berita hoax yang tersebar melalui media sosial. Tidak sedikit orang yang menerima isu – isu dan berita ini tanpa memastikan sumber dan kebenarannya. Akibatnya pun beragam. Mulai dari perdebatan hingga sampai salah paham yang menimbulkan konflik. Yang memperparah keadaan adalah saat berita hoax ini disebarluaskan sehingga semakin luas dampaknya.

Umumnya, jumlah isu – isu dan berita hoax bertambah pada masa menjelang pilkada, pilpres, dan pada saat sebuah kebijakan baru dikeluarkan. Dan isi berita hoax ini beragam, mulai dari isu politik, kriminalitas, hingga menyangkut SARA.

Dengan banyaknya berita hoax yang tersebar di media sosial sekarang ini, netizen diharapkan lebih kritis dalam menerima informasi. Sebelum disebarluaskan ke teman maupun keluarga, ada baiknya Anda perlu melakukan beberapa tips yang disampaikan berikut ini saat membaca sebuah berita.

Pastikan URL Dari Sumber Berita Tersebut Merupakan Sumber Berita Terpercaya

Sebelum anda menerima berita tersebut, pastikan URL atau alamat situs beritanya merupakan situs yang memiliki kredibilitas yang baik. Banyak berita hoax yang disebarkan dengan menggunakan nama perusahaan media yang sudah dikenal baik oleh masyarakat. Bahkan, tampilan homepage dari website berita hoax tersebut dibuat sama seperti website aslinya.

Jangan Langsung Percaya Pada Berita Atau Isu Dari Broadcast Message

Broadcast message juga merupakan model penyebaran berita hoax yang cukup masif. Metodenya adalah pesan yang disebarkan dari satu pengguna ke banyak pengguna lainnya. Biasanya pengguna yang percaya akan ikut menyebarkannya ke banyak pengguna lainnya sehingga terus berlanjut. Isi pesan juga biasanya dikemas sebagai sebuah berita yang bersumber dari media yang sudah dikenal, padahal bukan. Hal yang sama juga berlaku terhadap pesan yang disertakan bukti berupa foto, video, atau screen capture. Padahal bukti – bukti seperti ini belum tentu benar, bahkan bisa jadi merupakan hasil editan.

Gunakan Search Engine Untuk Mencari Berita Serupa

Melakukan pengecekan adalah cara paling ampuh untuk membuktikan kebenaran suatu berita. Hal ini dapat dilakukan dengan mudah menggunakan mesin pencari seperti Yahoo dan Google. Anda cukup mengecek apakah berita tersebut ada di media lainnya. Biasanya, hampir setiap media berita menyampaikan berita yang sama. Bila anda tidak menemukan berita serupa, maka kemungkinan berita tersebut adalah berita palsu.

Be Sociable, Share!
error: Content is protected !!