Klasifikasi Jenis – Jenis Leukemia

Masyarakat luas hanya mengetahui bahwa leukemia merupakan kanker yang menyerang sel darah putih. Namun, berbagai jenis leukemia ternyata cukup banyak. Leukemia sendiri merupakan penyakit yang terjadi pada jaringan pembentuk darah di dalam tubuh dikarenakan adanya sel kanker pada sumsum tulang belakang. Para penderita penyakit ini akan memproduksi sel darah putih yang belum matang dalam jumlah besar, sehingga mencegah sel darah untuk melakukan tugas mereka.

Berdasarkan jenis sel darah yang terinfeksi, Leukemia dapat diklasifikasikan menjadi 2, yaitu Leukemia Limfositik dan Leukemia Myeloid. Pada Leukemia Limfositik, sel kanker menyerang sel – sel limfosit yang bertugas membentuk jaringan limfoid (limfatik) yang membentuk sistem imun tubuh. Sedangkan pada Leukemia Myeloid, sel kanker menyerang sel – sel myeloid yang bertugas untuk meningkatkan sel darah merah, sel darah putih, dan memproduksi trombosit.

Dari 2 klasifikasi tersebut, ada 4 jenis leukemia yang umum terjadi.

Acute Myeloid Leukemia (AML) – Ini merupakan jenis kanker darah yang paling cepat berkembang. Jenis kanker ini ditandai dengan produksi sel yang tidak berkembang menjadi sel darah putih. Jenis leukemia ini terbagi ke dalam delapan sub-jenis berdasarkan sumber kondisinya. Leukemia jenis ini dapat muncul pada anak – anak dan orang dewasa.

Chronic Myloid Leukemia (CML) – Kanker jenis ini cukup unik karena hanya jenis ini yang memiliki hubungan dengan gen cacat yang disebut ABL dan BCR, yang disebabkan oleh masalah pada kromosom Ph. Jenis Leukemia ini umumnya menyerang orang dewasa. Seseorang yang terkena leukemia jenis ini mungkin memiliki sedikit gejala atau tidak sama sekali selama berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun sebelum memasuki fase di mana sel leukemia berkembang lebih cepat

Acute Lymphocytic Leukemia (ALL) –  Jenis kanker darah ini seringkali terjadi pada kelompok usia tertentu: pada anak-anak berusia di bawah 15 tahun dan orang dewasa berusia di atas 45 tahun. Namun, kondisi ini lebih sering terjadi pada anak-anak, terutama anak laki-laki. Pada jenis ini, sel yang belum matang terkumpul dari sumsum, mengalir melalui aliran darah, dan disebarkan ke beberapa bagian tubuh termasuk otak dan hati. Karena sel tersebut dapat membelah diri dan menyebar kemana-mana, kasus yang diderita pasien dapat bertambah parah dengan cepat.

Chronic Lymphocytic Leukemia (CLL) – Memiliki karakter seperti ALL, namun kanker jenis ini berkembang dengan lebih lambat, bahkan hingga bertahun-tahun. Umumnya diderita oleh orang dewasa. Penderita leukemia jenis ini bisa merasa baik-baik saja selama bertahun-tahun tanpa butuh pengobatan.

error: Content is protected !!