Korea Utara Klaim Berhasil Luncurkan Ujicoba Bom Hidrogen

Korea Utara Klaim Berhasil Luncurkan Ujicoba Bom Hidrogen

Korea Utara Klaim Berhasil Luncurkan Ujicoba Bom Hidrogen. korut mengumumkan kesuksesannya dalam melakukan uji coba bom hidrogen pada Minggu kemarin, 3 September waktu setempat. Hal tersebut dinyatakan oleh salah satu media pemerintah Korea Utara.

Sebelum pengumuman kesuksesannya, Negara Tetanganya Korea Selatan dan Jepang telebih dahulu mengumkapkan hal tersebut. Otoritas setempat menyatakan terjadi gempa buatan yang berada di dekat uji coba nuklir Korea Utara.

Pihaknya mencatat gempat berskala 6,3 Skala Richter terjadi pada minggu waktu setempat yang berada di dekat wilayah ujicoba nuklir Korea Utara di Punggye-ri. Getaran lindu terasa hingga utara China dan sirene darurat dilaporkan berbunyi di Yanji, dekat perbatasan Korea Utara

Pihak Berwenang Korea Selatan pun menyampaikan bahwa gempa tersebut merupakan guncangan buatan yang mirip dengan uji coba nuklir. Sementara itu, pihak Kementerian Luar Negeri Jepang sejak awal telah menyimpulkan bahwa Korut memang melakukan uji coba nuklir.

Ujicoba bom hidrogen yang dilakukan Korea Utara terpantau oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), BMKG mendeteksi pada pukul 10.34 Aktivitas tak lazim, Sebanyak 166 Sensir Seismik yang digunakan oleh BMKG dalam menganalisis prameter kegempaan menunjukan adanya pusat gempa dengan kekuatan 6.2 Skala Richter pada 41,29 LU dan 128,94 yang di ketahui kedalaman 1km dengan wilayah tepat di negara Korea Utara.

Angkatan Darat dan Udara Korea Selatan melakukan latihan gabungan dengan penembakan rudal pada Minggu 3 September 2017 pagi waktu Korea Selatan. Upaya itu dilakukan dalam rangka menanggapi uji coba nuklir keenam Korea Utara pada minggu lalu.

Latihan tersebut melibatkan surface-to-surface ballistic missiles dan jet tempur yang menyerang target di lepas pantai timur Korea Selatan. Ujicoba ini penyerangan pada target sejauh lokasi uji coba nuklir Korea Utara

Sejumlah jet tempur F-15K dikerahkan, begitu juga dengan rudal balistik. Dari permukaan ke permukaan yang disasarkan ke target di lepas pantai timur Korsel.

Juru Bicara Kementerian Pertahanan Korsel, Moon Sang-gyun Menyatakan bawah Latihan gabungan Angkatan Darat dan Angkatan Udara menunjukkan tekadnya. Tak hanya untuk memusnahkan asal serangan lawan, tapi juga kepemimpinan dan kelompok pendukungnya,

Detiktribun

 

error: Content is protected !!