KTT Panmunjom Deklarasikan Perdamaian Semenanjung Korea

KTT Panmunjom Deklarasikan Perdamaian Semenanjung Korea

KTT Panmunjom Deklarasikan Perdamaian Semenanjung Korea. Pertemuan  antara Korea Utara dengan Korea Selatan di Peace House, Panmunjom sudah berakhir. Kedua Pemimpin tersebut terjadi 27 April 2018  yang menjadi momen pertemuan bersejarah untuk membuka jalan dimulainya era baru di semenanjung Korea.

Pertemuan antara antara dua pemimpin Korea utara dengan Korea Selatan telah Berakhir.  Semua pihak memuji pertemuan itu sebagai tonggak Korea baru menuju kemakmuran bersama. Media tersebut juga memuat teks lengkap deklarasi itu.

Pertemuan pemimpin Korea Utara dan Selatan dimulai pertama kalinya setelah 65 tahun. Usai perang Korea berakhir, dan kini Proses perdamaian mulai terjalin dan menyita perhatian dunia. Kedua pemimpin tersebut terlihat akrab dan seolah tidak pernah ada ketegangan di antara kedua Korea.

Bukan hanya itu saja perhatian kepada  istri Kim Jong Un. Perempuan berparas cantik itu nampak anggun saat mendampingi Kim Jong Un.

Presiden AS Donald Trump dan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyambut pertemuan bersejarah antar-Korea. Selain itu langkah tersebut juga mendesak untuk denuklirisasi.

Pada KTT pertama antara Korea dalam lebih dari satu dekade, pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan Orang Nomor Satu di Korea Selatan. Moon Jae-in, berjanji untuk denuklirisasi semenanjung Korea.

Kedua pemimpin tersebut menyampaikan bahwa mereka akan bekerja sama dengan Amerika Serikat maupun China untuk mendeklarasikan resmi berakhirnya Perang antar Korea 1950-1953. Langkah mencari kesepakatan untuk membangun perdamaian yang berkelanjutan dan erat di wilayah korea, Yang menjadi wilayah perseteruan

Hasil pertemuan KTT Korea itu menyebut Korea Utara dan Korea Selatan resmi menyatakan berakhirnya Perang Korea. Yang membuat kedua negara bermusuhan selama 65 tahun terakhir.

Deklarasi tersebut secara resmi disebut “Deklarasi Panmunjom untuk Perdamaian, Kemakmuran, dan persatuan di Semenanjung Korea”.

Setelah seharian rapat penuh dan percakapan pribadi selama 30 menit, pada satu jam terakhir pertemuan antara Kim Jong Un dan Presiden Moon Jae-in.

“Kedua pemimpin dengan sungguh-sungguh menyatakan. Bahwa tidak akan ada lagi perang di Semenanjung Korea dan era baru perdamaian telah dimulai,” Ucap di dalam Pidato KTT Korea

detiktribun

 

 

error: Content is protected !!