Mark Zuckerberg Dan Elon Musk Saling Sindir Terkait AI

Pendiri dan Chief Executive Officer (CEO) Facebook Mark Zuckerberg dan miliuner Elon ‘Iron Man‘ Musk bertengkar memperdebatkan kecerdasan buatan atau AI (Artificial Intelligence). Pertengkaran keduanya terlihat dari sindiran yang dilontarkan Elon Musk melalui akun Twitter resminya. Dia dengan jelas menyebutkan bahwa Mark Zuckerberg cuma punya sedikit pengetahuan terkait hal ini. Elon mengaku pernah berbicara dengan Mark terkait AI. Darisanalah ia menilai bahwa pengetahuan Mark terkait Artificial Intelligence masih terbatas.

Elon Musk disebut – sebut sebagai inovator penerus Steve Jobs dikarenakan oleh berbagai inovasi yang telah ia buat. Pria yang terkenal dengan julukan Iron Man ini, merupakan pemilik perusahaan yang menghasilkan mobil listrik Tesla, roket ruang angkasa SpaceX, sistem tenaga surya SolarCity, dan moda transportasi HyperLoop.

Sindiran yang dilontarkan Elon Musk melalui twitter resminya tersebut merupakan responnya terhadap komentar Mark Zuckerberg mengenai Artificial Intelligence. Diketahui, sang bos Facebook itu memang sempat melontarkan komentar pedas terkait perlunya menyiapkan regulasi Artificial Intelligence demi mengamankan masa depan pada pekan lalu. Menurutnya, pandangan bahwa AI dapat menyebabkan kiamat dan menolak AI berdasarkan hal tersebut merupak hal yang berdampak negatif dan dapat dilihat tidak bertanggung jawab dari sudut pandang tertentu.

Elon Musk sendiri merupakan orang yang berpendapat bahwa pemerintah mesti aktif dalam mengatur persoalan Artificial Intelligence sebelum semua terlambat dan memicu masalah besar bagi peradaban manusia. Menurutnya, AI termasuk dalam kasus langka yang harus diperhatikan dan dikelola dengan peraturan. Ia juga menambahkan bila kita mengambil pendekatan reaktif terhadap AI, maka kita dipastikan akan terlambat dalam mengambil tindakan.

Artificial Intelligence memang merupakan teknologi yang rumit. Teknologi ini dapat dikembangkan sebagai software yang bisa berevolusi sendiri hingga bisa membuat robot dengan berbagai kemampuan yang mendekati manusia. Hingga saat ini, pemakaiannya baru diterapkan sebagai asisten digital dan sistem otomatisasi di internet. Sebagai contoh, Facebook menggunakan AI untuk kurasi berita, menjalankan targeted advertising, serta tag foto. Microsoft dan Apple memakainya untuk membuat aplikasi asisten pribadi. Sedangkan Google menggunakannya untuk membentuk mesin pencari di internet.

error: Content is protected !!