Menteri Kesehatan AS Mengundurkan diri, Karena kontroversi jet sewaan

Menteri Kesehatan Tom Price keluar dari kabinet Trump karena kontroversi jet pribadi saat perjalanan dinasnya

Di bawah amarah karena penggunaan jet pribadi yang didanai pembayar pajak. Menteri Kesehatan AS Tom Price menjadi deretan tokoh yang berhenti di kabinet Donald Trump tadi malam. Tom Price, sekutu penting Donald Trump yang bertugas membantu mencabut Obamacare. Menawarkan pengunduran dirinya kepada  Trump karena kontroversi mengenai masalah perjalanannya yang tidak menunjukkan tanda-tanda mereda.

Pengunduran dirinya dengan cepat diterima oleh  Trump yang selama beberapa hari terakhir membuat sedikit rahasia kemarahannya. Atas keputusan Tom Price untuk menghabiskan setidaknya $ 400.000 (£ 299.000) untuk menyewa jet pribadi dan militer untuk dirinya dan stafnya.

“Saya tentu tidak menyukai hal berlebihan, saya tidak senang, saya dapat memberitahu Anda bahwa saya tidak bahagia,” kata. Trump saat ia bersiap untuk naik helikopter presiden dalam perjalanan ke akhir pekan menginap di klub golfnya. Di Bedminster, New Jersey.

Ini akan menjadi pekerjaan baru bagi  Trump yang mengkampanyekan sebuah janji untuk “menguras rawa” di Washington jika dia memenangkan kursi kepresidenan.

Lebih dari selusin tokoh senior telah meninggalkan pemerintahan sejak  Trump mulai menjabat pada bulan Januari

Dalam delapan bulan yang penuh gejolak, Trump telah kehilangan sejumlah pejabat penting termasuk Steve Bannon, ahli strategi utamanya. Michael Flynn, penasihat keamanan nasional pertamanya, Reince Priebus, Kepala Staf Gedung Putih. Sean Spicer, juru bicara persnya yang sering dikritik dan Anthony Scaramucci yang hanya bertahan 10 hari sebagai direktur komunikasi pemerintah.

Keberangkatan lainnya termasuk pensiunan Obama James Comey, yang dipecat sebagai Direktur FBI, dan Sally Yates, jaksa agung.

Skandal jet tersebut meletus awal bulan ini ketika diketahui bahwa Tom Price telah menyewa jet pribadi pada beberapa kesempatan daripada memilih opsi yang lebih murah untuk terbang di pesawat komersial.

Pada suatu kesempatan Mr Price dan timnya menyewa sebuah jet pribadi dari Washington DC ke Philadelphia. Sebuah perjalanan yang bisa diselesaikan dengan kereta api dalam waktu kurang dari dua jam dengan harga $ 58.

Dengan penggunaan jet pribadi yang diselidiki oleh inspektur jenderal departemennya sendiri.  Price mencoba meredakan kontroversi tersebut dengan berjanji untuk mengakhiri praktik tersebut dan menawarkan untuk membayar kembali $ 52.000 untuk menutupi biaya penerbangannya sendiri.

Kepergian Price datang dengan administrasi Trump yang masih berjuang untuk membuat selesai janji untuk mencabut Obamacare.

Gedung Putih mengatakan Don Wright, wakil  menteri Kesehatan dan. Direktur Kantor Pencegahan Penyakit dan Promosi Kesehatan, akan menggantikan  Price  sementara waktu.

error: Content is protected !!